Ads 468x60px

Texts

Categories

Download

Blogger Tricks

Sabtu, 04 Agustus 2012

Review Sony Tablet S


Tampil Beda
Produk ini agak keluar dari pakem desain fisik komputer tablet pada umumnya. Lebih nyamankah? Atau malah sebaliknya?
Alih-alih membuat komputer tabletnya setipis mungkin, Sony justru menebalkannya. Namun ketebalan tersebut dibuat berjenjang. Area paling tebal berada di bagian ujung komputer tablet sedangkan ujung lainnya dibuat lebih tipis. Ini membuat produk ini terlihat seperti menggunakan penyangga, terlebih ketika Anda meletakkannya di meja.
Kelebihan bentuk semacam ini adalah, kalau Anda gunakan di meja, komputer tablet ini akan terasa sedikit lebih nyaman khususnya saat dipakai mengetik. Kemudian bagi pembaca ebook dengan orientasi tegak (portrait), rancangan tersebut memberi sensasi seolah pembaca sedang memegang buku dengan salah satu sisi halamannya dilipat ke belakang.
Sayangnya efek desain ini tidak terasa ketika komputer tablet digunakan di pangkuan atau ketika memegangnya mendatar (landscape).
Sony Tablet S hadir relatif bersih dari pernak pernik di sekujur bodinya. Di sisi kiri Anda akan menemukan headphone jack, port USB, serta slot kartu SD. Komputer ini menggunakan kartu SD berukuran standar bukan micro-SD seperti komputer tablet umumnya. Sementara di sebelah kanan tablet terdapat tombol power, volume serta reset. Anda tak akan menemukan slot kartu SIM di komputer ini karena perangkat ini hanya mendukung Wi-Fi (sebagai sarana koneksi ke dunia maya). Sony pun merancang charger-nya sendiri yang dipakai untuk  mengisi ulang baterai komputer tablet ini.
Layar komputer tablet ini berukuran 9,4 inci dengan resolusi standar 1280x800. Layarnya juga memiliki teknologi “TruBlack”, warisan seri HDTV Bravia. Hasilnya, tampilan layar Tablet S ini terbilang baik dengan tingkat kecerahan serta kontras yang pas. Hanya saja, cukup disayangkan bahwa sepertinya lapisan depan layar ini rentan “cedera”. Jadi, Anda harus agak berhati-hati atau menambahkan pelindung layar.
Berbekal Tegra 2 dari Nvidia, semua aktivitas berjalan cukup mulus di produk ini. Beberapa kali kami mengalami sedikit lag saat sedang menjelajahi situs internet, tapi itu bukan masalah berarti. Beberapa aplikasi benchmark serta game yang kami cobakan ke komputer tablet ini dapat berjalan lancar.
Dari sisi game, Tablet S sudah memiliki sertifikasi Playstation sehingga Anda dapat memainkan banyak game PS1 (dua di antaranya sudah disertakan). Untuk hiburan, Sony menyediakan layanan Music serta Video Unlimited. Sayangnya, keduanya tidak dapat digunakan di Indonesia.
****
Meskipun desainnya bisa dibilang agak nyeleneh, secara keseluruhan, Sony Tablet S merupakan sebuah produk yang solid. Dengan komponen yang cukup mumpuni, dukungan aplikasi, serta layanan yang lengkap, tampaknya tak sulit baginya untuk bersaing. Sayangnya, tidak semua layanan bisa dinikmati di Indonesia.

Hasil Pengujian
Meski mulai terhitung lawas, Tegra 2 masih memberikan kinerja yang baik dan mampu bersaing dengan SoC dual core lainnya di pasaran. Dibandingkan dengan MSM 8260 Qualcomm, terlihat Tegra 2 memiliki kinerja grafis yang lebih baik..
Pengujian
Huawei Mediapad S7
Sony Tablet S
Quadrant Advanced 2.0
2178
1754
Smartbench 2012 – Productivity
2594
2785
Smartbench 2012 – Games
1330
2324
Linpack Single Thread
42,77 MFLOPS
30,65 MFLOPS
Multi Thread
72,89 MFLOPS
55,39 MFLOPS

Spesifikasi
Prosesor
Nvidia Tegra 2 dualcore 1 GHz
RAM
1 GB
Kartu grafis
Geforce ULP
Internal storage
16 GB
Wireless
802.11b/g/n WLAN, Bluetooth 2.1, GPS
Kamera
Belakang: 5 Megapiksel, Depan: VGA
Lain – Lain
SD card slot, Playstation Certified
Layar
9,4” 800x1280 piksel
Bobot
589 gram
Sistem Operasi
Android 3.2.1
Situs Web
http//www.sony.com
Garansi
1 Tahun
Harga kisaran*
Rp4.999.000
* Sony Center, - ;  Minggu ketiga Maret 2012



Kamera
Kamera utama pada komputer tablet ini memiliki resolusi 5 Megapiksel dengan kemampuan rekam video Full-HD. 








Port charging
Port charging ini juga dirancang berbeda. 





Slot SD Card
Berbeda dengan komputer tablet lain, Sony Tablet S menggunakan kartu SD biasa untuk memenuhi kebutuhan ekspansi storage.



Plus
     : Layar bagus, kinerja baik, sertifikasi Playstation.
Minus : Lapisan pelindung layar kurang meyakinkan, tidak mendukung USB Charging.

Skor Penilaian
- Kinerja            : 4
- Fasilitas          : 3,75
- Kemudahan   : 3,75
- Harga             : 3,75
- Skor total        : 3,8125

0 komentar: